Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Realme C3, Apakah Mantap? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Realme C3

adalah ponsel android keluaran terbaru dari Realme, diluncurkan pada 19 Februari 2020, smartphone ini mampu memikat hati para gamer mobile entry class dalam waktu yang cukup singkat.

Dibanderol dengan harga yang sangat dompet friendly, yaitu hanya 1 jutaan saja. Dengan spesifikasi tinggi yang ditawarkan, dan hanya dijual dengan harga dibawah 2 juta, Realme C3 bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu beli sob.

Realme C3

Cukup dengan uang 1.699.000 saja kamu sudah bisa meminang hp gaming ini. Dibekali dengan chipset gaming Mediatek Helio G70, membuat ponsel ini memiliki performa yang sangat tangguh di kelasnya. Terus, apa aja sih kelebihan dan kekurangannya?, simak artikel ini hingga akhir.

Spesifikasi Realme C3

Umum
DiluncurkanFebruari, 2020
Jaringan 2G, 3G, 4G
SIM Card Dual SIM (Nano-SIM, Dual Stand-By)

Body
Dimensi 164.4 x 75 x 9 mm
Berat 195 g

Layar
Jenis IPS LCD Capacitive Touchscreen
Ukuran 6,5 Inch, Corning Gorilla Glass 3
Resolusi720 x 1560 pixel, rasio 20:9 (kepadatan 270 ppi)

Hardware
ChipsetMediatek Helio G70 (12nm)
CPU Octacore (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.7 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 2EEMC2

Memori
Internal/RAM Varian 32/2 GB, 32/3 GB, 64/4 GB
Eksternal microSDXC (slot khusus)

Kamera Utama
Jumlah 3 beresolusi 12 + 2 + 2 MP
Resolusi 12 + 2 + 2 MP
Fitur Kamera- 12 MP f/1.8 28mm (wide) 1/2.8" 1.25um PDAF
- 2 MP (makro) || 2 MP f/2.4 (sensor mendalam)
- LED Flash, HDR, Panorama
Video 1080p@30fps

Kamera Depan
Jumlah 1 5 MP f/2.4 27mm (wide) 1/5" 1.12um
Resolusi 5 MP f/2.4 27mm (wide) 1/5" 1.12um
Fitur kamera HDR, Panorama
Video 1080p@30fps

Konektivitas
Wlan Wi-Fi 802.11 b/g/n Hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX
Infrared✖️
NFC ✖️
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
USB MicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai
Jenis Li-Po
Kapasitas 5000 mAh-non removable
Wireless Charging✖️
Fitur Pengisian daya baterai 10W

Fitur
OS (saat rilis) Android 10
Sensor Fingerprint (belakang), Accelerometer, Proximity, Compass
3,5 Jack✔️
Warna Frozen Blue, Blazing Red
Lainnya - Tahan percikan

Itulah spesifikasi lengkapnya , dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Realme C3 yang berhasil Cangkir Info rangkum.

Baca Juga : HP Android Ram 6GB Termurah Tahun Ini

Kelebihan Realme C3

Performa

Seperti yang sudah tercantum dalam data spesfikasi diatas, Realme C3 bisa saya katakan sebagai HP gaming terbaik dengan harga sejutaan.

Mengusung chipset andalan dari mediatek yang memang dibuat untuk memenuhi kepuasan dalam bermain game, Chipset Helio G70 (12nm), Octacore serta dipadukan dengan varian ram 4GB membuat HP inisangat tangguh.

Realme C3

Gaming test untuk ponsel ini terbilang sangat memuaskan, dalam game PUBG Mobile, Realme C3 mampu bekerja dengan sangat lancar pada mode High.

Review demikian juga disampaikan oleh Smartprix  Dikatakan bahwa Realme C3 mampu menjalankan tugas harian dengan sangat baik, pergerakan multitasking aplikasi satu dengan aplikasi lain juga tidak ada kendala, bahkan bisa menjalankan game hd yang terbilang cukup berat dengan sangat lancar, seperti Asphalt 9 dan PUBG Mobile.

DIbawah ini kami sertakan hasil skor Antutu Benchmark dari Realme C3.

Realme C3

Dari skor Antutu yang mencapai 190 ribuan pada gambar diatas, tentu bukan sebuah keajaiban jika ponsel ini mampu menangani berbagai macam game berat dengan cukup bagus.

Kapasitas Baterai

Baterai jumbo dengan kapasitas 5000 mAh membuat kamu tidak perlu menenteng charger kemana-mana, dan dalam kasus standarnya, Realme C3 mampu bertahan seharian nonstop (keperluan wajar).

Realme C3

Hal demikian juga diungkapkan oleh Mashable India, dikatakan bahwa HP ini mampu bertahan hingga 2 hari lebih dalam sekali pengisian daya, ini membutikan bahwa Realme tidak main-main dalam inovasinya.

Trio Kamera Utama

Kehadiran Realme C3 untuk pasar gadget Indonesia ini bisa dikatakan sangat spesial, mengapa? ini karena Realme C3 yang hadir di Indonesia mengusung 3 kamera utama, berbeda dengan yang diluncurkan di India, hanya memiliki 2 buah kamera utama.

Realme C3

Berikut beberapa hasil tangkapan kamera dari Realme C3 yang dirilis oleh Realme.com.

Realme C3

Realme C3

Realme C3

Hasil tangkapan kamera diatas tergolong sangat meuaskan dikelasnya, hasil yang menarik dihasilkan dari modepotret, serta presisi dari pengambilan foto mode makro yang terkesan memiliki perspektif unik.

Tahan Percikan Air

Kelebihan yang cukup sangar dari Realme C3 ini yaitu dengan diberikannya fitur tahan cipratan air. Realme mendesain ponsel terbarunya ini dengan cukup mengesankan, dibuktikan dengan adanya penutup penutup plastik serta penyegelan pada lubang port membuat hp ini tahan terhadap cipratan air.

Realme C3

Realme UI

Berbeda dengan ponsel Realme lain, yang mana masih menggunakan ColorOS sebagai tampilan antar muka nya. Realme C3 mengusung tampilan baru dengan dibenamkannya Realme UI, dan diklaim bahwa tampilanbaru mereka ini memiliki fitur yang lebih menarik dibanding dengan ponsel sebelumnya.

Realme C3

Harga Terjangkau

Dengan sederet kelebihan yang sudah terpampang diatas, ini membuktikan bahwa Realme C3 yang dihargai hanya 1.699.000 saja, akan sangat worth it untuk dijadikan pilihan utama sebagai ponsel gaming entry class.

Bila dibandingkan dengan ponsel lain dengan harga sekian, tentu Realme memiliki lebih banyak keunggulan. Namun, meski kelebihan yang ditonjolkan oleh Realme C3 ini cukup menarik, ponsel ini ternyata juga tidak luput dari kekurangan, dan berikut adalah kekurangan dari Realme C3.

Kekurangan Realme C3

Tidak Adanya Fast Charging

Ponsel ini hanya mendukung pengisian 10W saja, dan juga tidak diberikan fitur fast charging yang mana hal itu membuat pengisian daya dari HP ini memakan waktu cukup lama. Seperti yang dikatakan Gizmologi dalam reviewnya, pengisian daya dari Realme C3 hingga penuh memakan waktu hingga 3,5 jam.

Port Micro USB

Tidak seperti ponsel lain sekelasnya, Realme C3 masih mengusung port Micro USB, padahal trend kekinian dari banyak smartphone sudah menggunakan USB Type C.

Kamera

Meski hasil jepretan kamera dari smartphone ini bisa dikategorikan bagus dikelasnya, namun untuk penyematan kamera dengan resolusi 12 mp tersebut masih kurang jika dibanding dengan ponsel lain dikelasnya. Dan juga, lensa ultrawide dari ponsel ini masih dirasa kurang maksimal, karena hanya mengusung kamera 2 MP saja.


Kesimpulan

Jika kamu sedang mencari referensi hp 1 jutaan untuk kamu beli, alangkah baiknya jika mematok spesifikasi dengan menyesuaikan kebutuhan sehari hari. Jika mencari HP 1 jutaan dengan spesifikasi performa gaming dan multitasking memumpuni, saya rasa Realme C3 adalah pilihan yang tepat. Namun jika digunakan untuk kebutuhan fotografi, mungkin kamu bisa melihat beberapa rekomedasi HP sejutaan lainnya.