Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berikut 9 Cara Mengatasi Lag Game Berat Xiaomi Redmi MIUI - Terbaru

Mengatasi Lag - Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menanggulangi Lag saat memainkan game berat di Xiaomi. Saat ini ukuran permainan yang berada di playstore Android semakin meningkat.

Bahkan lebih besar atau bahkan sudah mendekati kapasitas RAM hp sekarang ini.

Maka tidak mengherankan jika saat kita membuka game berat terdapat lag atau patah - patah yang terjadi, apalagi jika kita memainkannya di hp Xiaomi yang memiliki spesifikasi sangat jadul.

Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi lag atau melambatnya performa hp Xiaomi saat menjalankan game berat.

Nah untuk yang mau mengenali caranya, di dasar ini kami hendak menjelaskannya secara lengkap kepada Kamu. Kamu dapat langsung menyimak ulasannya pada ulasan di tips dan trik berikut ini.

Cara Mengatasi Game Lag pada HP Xiaomi

Ikuti langsung ulasan bagaimana cara mengatasi lag pada saat main game di smartphone Xiaomi, berikut uraiannya dirangkup dari berbagai macam sumber terpercaya.

1. Aktifkan Game Booster

Langkah pertama yang bisa di coba ialah dengan cara mengaktifkan fitur Game Booster, Triknya sangat gampang untuk meminimalisir lag ataupun nge-frame (patah - patah) pada saat menjalankan permainan di smartphone Xiaomi.

  • Masuk Menu Security.
  • Scrool Kebawah serta temukan menu Permainan Booster.
  • Dikala awal kali, kita dimohon buat geser( swipe) kanan 3 kali, setelah itu klik Start.
  • Sehabis itu, segala game yang terdapat pada ponsel kita otomatis hendak masuk ke catatan permainan booster.
  • Klik salah satu permainan yang mau dimainkan serta permainan booster otomatis berjalan.

2. Aktifkan Opsi Pengembang

Ada juga cara untuk meningkatkan kinerja Android HP Xiaomi dengan mengunakan  opsi pengembang, berikut cara melakukannya.

  • Buka pengaturan perangkat Android
  • Kemudian pilih tentang telepon.
  • Di sini Anda akan melihat nomor Build, ketuk 7 kali di atasnya.
  • Lalu scroll ke bawah, cari opsi Force 4x MSAA.
  • Aktifkan opsi tersebut.
  • Terakhir reboot ponsel Anda.

3. Hapus (Uninstall) Aplikasi yang Tidak Perlu

Langkah selanjutnya yang bisa dikukan ialah dengan cara meng-uninstall atau menghapus aplikasi yang tidak diperlukan bahkan jarang digunakan.

Cara ini tentu saja benar - benar efektif unutk membuat Smartphone Xiaomi menjadi lebih ringan dan bekerja lebih maksimal, termasuk salah satunya bermain game berat.

Berikut merupakan langkah- langkah pendek buat menghapus ataupun uninstall aplikasi di fitur Xiaomi dengan sistem pembedahan MIUI:

Catatan: Langkah- langkah ini bisa sedikit berbeda bergantung pada tipe MIUI yang Kamu pakai. Instruksi berikut bersumber pada MIUI tipe 12.

  • Buka Layar Aplikasi
  • Cari Aplikasi yang Ingin Diuninstall
  • Tahan Aplikasi
  • Seret Ikon ke “Uninstall” atau “Hapus” di Bagian Atas Layar
  • Konfirmasi Uninstall
  • Tunggu Proses Uninstall
  • Selesai
  • Restart (Opsional)

4. Matikan Layanan Latar Belakang

Berikutnya yang bisa dilakukan untuk meringankan kinerja smarphone dengan cara mematikan layanan latar belakang yang sangat berperan membuat hp menjadi melambat.

Aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, Instagram, Gmail, dan lainnya sering sibuk saat berjalan di latar belakang, tentunya yang paling berpengaruh ialah aplikasi media sosial yang terus berjalan.

Aplikasi-aplikasi itu juga menguras konsumsi RAM dan baterai, matikan notifikasi - notifikasi sementara saat bermain game.

5. Perbarui Android dan MIUI

Terlihat sepele namun ini bisa jadi solusi jika hp Anda masih lambat. Sebab dengan memperbarui Android dan MIUI, sistem akan bekerja lebih baik karena di setiap pembaruannya pengembang akan mengoptimalkan perangkat yang ada.

Namun memperbarui Android dan MIUI juga tidak sepenuhnya benar karena tidak semua perbaruan memberikan keringanan, ketika sudah memperbarui perangkat terbaru pasti akan memunculkan tampilan dan fitur yang baru kedalam smartphone.

Perbaruan tersebut bisa saja menaikkan penggunaan RAM dan mengisi penyimpanan internal lebih banyak dari sebelumnya.

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain Game Booster bawaan Xiaomi, ada banyak juga aplikasi yang ada di Play Store dan bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas grafis serta kinerja perangkat.

Anda bisa menginstallnya seperti aplikasi DU Speed Booster, Swift Gamer, Game Booster, Systweak Android Cleaner, maupun aplikasi lainnya.

7. Perbarui Game

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah memperbaharui game. Cara mengatasi lag game berat Xiaomi ini cukup efektif karena dengan game yang update, maka game bisa berjalan lebih optimal.

8. Matikan Mode Battery Saver

Langkah berikutnya yang bisa dicoba adalah mematikan mode hemat daya atau battery saver yang bisa membatasi kinerja CPU dan RAM. Umumnya dengan mengaktifkan mode ini bisa mengurangi daya pemrosesan untuk menyediakan baterai yang lebih tahan lama.

Berikut adalah langkah-langkah singkat untuk mematikan Battery Saver pada perangkat Xiaomi:

  • Buka Pengaturan.
  • Pergi ke Bagian “Baterai & Kinerja.”
  • Matikan Battery Saver.
  • Konfirmasi Matikan.

9. Bersihkan Penyimpanan & Cache

Penyimpanan yang hampir habis dijamin membuat ponsel lemot. Anda juga bisa mengidentifikasi apa yang bisa dihapus dengna membuka menu Pengaturan atau mengetuk menu Penyimpanan.

Di sini Anda bisa melihat piliha data dalam cache, gambar da video, audio, aplikasi, dan data aplikasi.

Data yang di-chace berfungsi mempercepat penggunaan umum dengan menyimpan bit data yang kerap diakses sehingga membuat kita tidak perlu mengunduh berulang kali.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan lengkap dari kami mengenai cara mengatasi lag game berat xiaomi.

Semoga bisa membuat game yang kita mainkan menjadi semakin lancar, tidak patah-patah, dan nyaman dimainkan.