Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Efek HP Terkena Sinar Matahari Langsung, HP Bisa Meledak?

Efek HP terkena sinar matahari

Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman saya atas kekonyolan yang pernah saya lakukan dahulu. Pada tahun 2017, saya pernah menggunakan HP saya untuk merekam pergerakan matahari dengan mode Timelapse.

Dan apa yang terjadi?, Yap, dalam waktu 30 menit saja, HP saya langsung terasa sangat teramat panas, dan bahkan hingga mati. Kejadian seperti ini sudah saya perkirakan sebelumnya, namun saya tidak mengira jika akan terjadi hal seburuk ini.

Efek HP Terkena Sinar Matahari Langsung

Efek HP Terkena Sinar Matahari

Setelah kejadian tersebut, saya langsung coba menganalisa akan apa yang telah terjadi pada ponsel saya. Bahkan, pada saat itu saya hampir saja pasrah karena hp saya tersebut mati, dan tidak dapat dihidupkan sama sekali.

Kemudian saya bawa pulang dan diamkan diatas lemari selama kurang lebih 3 jam hingga suhu dari HP sudah benar-benar normal, dan apa yang terjadi? HP saya kembali hidup setelah beberapa saat matot sob.

Bahaya HP Terpapar Sinar Matahari

Dari kejadian tersebut, dapat saya simpulkan beberapa bahaya jika HP terpapar panas matahari secara langsung. diantaranya yaitu :
  1. Kerusakan LCD dan Touchscreen. Terutama pada smartphone yang memiliki fitur Adaptive Brightnes yang mana berfungsi untuk mengatur kecerahan dari layar secara otomatis berdasar dari cahaya luar yang ada. Akan sangat buruk jika langsung dipaparkan dengan sinar matahari, karena panas berlebih ini dapat merusak komponen dari layar serta touchscreen secara permanen.
  2. Baterai yang mungkin bisa meledak. Dalam kasus eksrim, kejadian akan ponsel yang mengalami suhu terlalu tinggi dapat membuat ponsel tersebut terbakar, bahkan sangat mungkin akan meledak.
  3. HP yang terpapar panas matahari secara langsung dapat membuat lem yang dijadikan perekat pada ponsel bisa meleleh. Inilah yang membuat HP akan sangat rawan retak, bahkan mungkin bisa patah. karena suhu tinggi membuat komponen ponsel yang terbuat dari plastik dan kaca jadi lentur.
  4. Panas berlebih dapat merusak seluruh komponen yang terdapat pada ponsel.

Lalu berapa suhu HP yang normal?.

Suhu CPU normal dari Hp yaitu berada dikisaran 30 hingga 35 derajat celcius. Jika melebihi suhu normal tersebut, akan sangat berbahaya bagi kesehatan ponsel. Atasi dengan beberapa Cara Mengatasi HP Panas yang sudah saya bagikan pada artikel sebelumnya.

Itulah sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan dari kekonyolan saya. Namun, setelah kejadian itu, HP saya bisa berfungsi kembali secara normal. Hindarkan HP dari paparan panas matahari secara langsung, karena tentunya akan sangat berbahaya, entah itu bagi kesehatan Hp, maupun keselamatan sobat.