Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MI A2 Lite : Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

MI A2 Lite

adalah ponsel android entry level yang diluncurkan oleh Vendor Xiaomi pada September 2018 kemarin. HP Android 1 jutaan yang memiliki desain cukup unik ini, ternyata memiliki banyak spesifikasi unggul, terutama dalam ketahanan baterai.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara lengkap mulai dari spesifikasi, harga, review kamera, performa, gaming, antutu skor hingga kelebihan dan kekurangan MI A2 Lite. Simak ulasan berikut ini.

mi a2 lite

Spesifikasi MI A2 Lite

Mengikuti jejak MI A1 yang sudah lebih dulu rilis dan sukses dipasaran, Xiaomi mengambil celah dengan merilis MI A2 yang memiliki spesifikasi serta harga yang lebih tinggi.

Hanya selang beberapa bulan, Xiaomi meluncurkan ponsel baru guna membuat versi compact dari MI A2, yaitu MI A2 Lite. Ini dia spesifikasinya!.

Umum
DiluncurkanJuli 2018
Jaringan 2G, 3G, 4G
SIM Card Dual SIM (Nano-SIM, Dual Stand-By)

Body
Dimensi 149.3 x 71.7 x 8.8 mm
Berat 179 g

Layar
Jenis IPS LCD Capacitive Touchscreen
Ukuran 5,84 Inch
Resolusi1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~432 ppi density)

Hardware
ChipsetQualcomm MSM8953 Snapdragon 625 (14 nm)
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506

Memori
Internal/RAM Varian 32/3 GB, 64/4 GB
Eksternal microSD, hingga 256 GB (dedicated slot

Kamera Utama
Jumlah 2
Resolusi 12 + 5 MP
Fitur Kameraf/2.2, 1.25 μm, PDAF + f/2.2, 1.12 μm, depth sensor, LED flash, HDR, panorama
Video1080p@30fps (gyro-EIS)

Kamera Depan
Jumlah 1
Resolusi 5 MP
Fitur kamera f/2.0, HDR
Video 1080p@30fps

Konektivitas
Wlan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
Infrared✔️
NFC ✖️
GPS Ya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS
USB MicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai
Jenis Li-Po
Kapasitas 4000 mAh-non removable
Wireless Charging✖️
Fitur Charging 5V/2A 10W

Fitur
OS (saat rilis) Android 8.1 Oreo
Sensor Fingerprint (belakang), Accelerometer, Proximity, Compass
3,5 Jack✔️
Warna Black, Blue, Gold, Rose Gold
Lainnya -

Harga MI A2 Lite

MI A2 Lite masuk dalam kategori smartphone dengan penjualan yang terbilang cepat, sebab diawal perilisannya, mereka langsung menarget pasar offline maupun online.

Sehingga akan sangat mudah untuk kita dapatkan, karena hampir disemua toko baik itu online maupun offline menyediakan ponsel ini.

Harga Baru MI A2 Lite

Dibanderol dengan 2 harga dari 2 versi yang berbeda, harga baru MI A2 Lite 3/32 GB ada dikisaran Rp1.7 jutaan, sedangkan 4/64 GB dikisaran Rp1.9 jutaan (update Mei 2020).

Harga Bekas MI A2 Lite

Dan untuk harga bekas MI A2 Lite 3/32 GB ada dikisaran Rp1.2 jutaan, sedangkan versi 4/64 GB dikisaran Rp1.4 jutaan (update mei 2020). Kurang lebihnya tergantung dari banyak faktor, seperti kondisi fisik, kesehatan mesin, kelengkapan HP, hingga duit bensin biaya COD, hehe 😁.

Kelebihan dan Kekurangan MI A2 Lite

Setelah mengetahui spesifikasi dan harga dari ponsel ini, mungkin kamu sudah bisa menilai apa kelebihan dan kekurangan MI A2 Lite.

Atau jika kamu masih bingung, saya telah membuat beberapa daftar tentang kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini, agar bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih hp 1 jutaan.

Kelebihan MI A2 Lite

Dengan slogan "dual camera, two day battery", pasti sudah terlintas jelas apa kelebihan yang dimiliki oleh hp ini. Namun, bukan hanya itu saja, ada beberapa kelebihan lain yang mungkin belum kamu tahu, apa saja? simak daftar berikut!.

√ Menggunakan sistem operasi Android One

Android One adalah produk asli dari Google yang menghandirkan tampilan antar muka dengan sistem pure Android tanpa ada campur tangan dari Vendor smartphone sehingga menghasilkan ponsel dengan harga yang lebih terjangkau. Dan biasanya fitur ini diprioritaskan untuk negara-negara berkembang.

mi a2 lite

Keunggulan Android One adalah ponsel akan mendapatkan pembaruan sistem yang lebih cepat oleh Google. Ini dikarenakan, pada saat ada update terbaru, sistem tidak perlu melalui penyesuaian aplikasi maupun tampilan dari vendor, sehingga bisa langsung digunakan pada ponsel.

Dan keunggulan lainnya yaitu, penggunaan Android One membuat hp terasa lebih ringan jika dibanding dengan tampilan bawaan vendor, baterai lebih irit, navigasi mudah, memori penyimpanan lebih lega, dan tampilan antarmuka juga lebih simple.

√ Kecepatan dapur pacu yang bisa diandalkan

Mengusung processor Qualcomm Snapdragon 625, membuat multitasking untuk keperluan sehari-hari dari ponsel ini terasa lancar tanpa ada kendala seperti hp lemot sama sekali.

Dan untuk gaming test dari MI A2 Lite ini bisa dibilang cukup bagus, meski harus menggunakan grafik low saat memainkan game berat seperti PUBG Mobile. Lebih lengkapnya mengenai Gaming review MI A2 Lite bisa langsung scroll menuju akhir artikel.

mi a2 lite

√ Desain modern dan compact

Salah satu yang menjadi daya tarik dari ponsel ini adalah pada desainnya, penggunaan poni atau notch dibagian atas layar membuat MI A2 Lite terkesan elegan. Di desain sedimikian rupa oleh Xiaomi agar notch tidak menutupi notifikasi yang ada.

Selain poni, MI A2 Lite juga di desain dengan bentuk yang lebih simple/compact dari pendahulunya, dengan mengusung konsep bezzel-less serta dimensi yang tidak terlalu besar, membuat ponsel ini sangat nyaman untuk digenggam meski hanya dengan satu tangan.

mi a2 litemi a2 lite

√ Baterai berkapasitas besar

Meski dibanderol dengan harga murah, Xiaomi tidak semena-mena membiarkan produknya tersebut memiliki kualitas yang buruk, terutama dalam hal battery life. Mengusung baterai berkapasitas 4000 mAh, MI A2 Lite mampu bertahan sehari penuh, bahkan dengan aktifitas berat seperti game dalam sekali pengisian daya.

Sedangkan untuk penggunaan ringan, ponsel ini mampu bertahan selama 2 hari, bahkan bisa lebih. Sehingga kamu tidak perlu takut jika baterai hp ngedrop, sehingga harus membawa charger kemana-mana.

mi a2 lite

√ Slot khusus MMC

Jika kebanyakan pada HP 1 jutaan hanya bisa diberikan memori eksternal jika slot sim 2 kosong, atau bahkan tidak diberikan slot mmc sama sekali.

MI A2 Lite memberikan slot khusus tersebut sob, jadi kamu tidak perlu repot gonta-ganti posisi sim dengan mmc, sehingga bisa standby on 2 sim secara bersamaan dengan mmc.

mi a2 lite

√ Harga murah

Berdasar dari segala kelebihan serta spesifikasi yang sudah dijelaskan diatas, tentu sebuah keuntungan jika hp ini hanya dihargai 1 jutaan saja.

Sudah desainnya keren, performa chipset yang ngebut, baterai tahan lama, serta penggunaan sistem pure Android yang mampu membuat segala kegiatan yang dilakukan dengan MI A2 Lite terasa lebih ringan.

Kekurangan MI A2 Lite

Meski memiliki berbagai macam kelebihan, MI A2 Lite juga tidak luput dari kekurangan, bahkan mencakup hal yang spesifik. kira-kira apa saja? simak yuk!

√ Kamera kurang memuaskan

Jika MI A2 mengandalkan kamera sebagai keunggulan utamanya, berbeda hal dengan MI A2 Lite. Dengan harga yang sangat terjangkau, tentunya kita tidak bisa berharap lebih akan kemampuan kamera pada ponsel ini. Hasil jepretannya pun jauh dibanding dengan MI A2.

Untuk pengambilan gambar pada kondisi terang dan di siang hari, foto yang dihasilkan cukup lumayan, dengan kualitas gambar yang tajam. Namun jangan terlalu berharap akan kualitas foto dikondisi kurang cahaya seperti saat malam hari, kamu akan melihat noise yang sangat parah.

√ Tidak ada proteksi layar

MI A2 Lite tidak memiliki proteksi layar yang cukup ampuh, seperti pelapisan corning gorilla glass pada hp 1 jutaan umunya. Sehingga sangat rawan sekali pecah apabila terjatuh, untuk itu kamu harus lebih berhati-hati bila menggunakan ponsel ini.

Sebagai solusinya, kamu bisa memasangkan tempered glass pada MI A2 Lite supaya lebih terlindung dari resiko goresan ataupun pecah. Gunakan juga case supaya benturan ketika ponsel terjatuh bisa diredam.

√ Masih menggunakan MicroUSB

Berbeda dengan MI A2 yang sudah menggunakan port USB Type C, MI A2 Lite masih menggunakan port jadul yaitu MicroUSB yang tentunya sudah sedikit ketinggalan jaman.

Padahal akan sangat menguntungkan bila mau menggunakan USB Type C, selain membuat waktu pengecasan lebih cepat, proses transfer data melalu USB juga kencang.

mi a2 lite

√ Tidak ada fitur Fast Charging

Dengan kapasitas baterai yang begitu besar, tentu bisa memakan waktu yang sangat lama untuk menchargernya. Saat pengisian daya dari 0 hingga penuh, bahkan bisa memakan waktu hingga 3 jam.

Nah, mungkin kamu bisa memberikan solusi akan masalah tersebut. contohnya dengan melakukan pengisian daya dimalam hari saat kamu tidur, sehingga esok pagi kamu bisa menggunakan ponsel kembali.

√ Tidak mendukung dual 4G

Yang terakhir mungkin agak sedikit mengganggu ya, karena MI A2 Lite hanya mendukung 4G standby di sim 1 saja. Jadi jika kamu ingin merubah koneksi seluler ke simcard satunya, kamu harus menukar juga posisi dari slot sim agar bisa memunculkan koneksi 4G.


Skor Antutu Benchmark MI A2 Lite

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Unite4buy, menghasilkan skor antutu yang cukup mengesankan, bahkan bisa mengungguli rekan satu vendornya yaitu MI Play sob. Dengan total skor 87.111, tidak heran jika ponsel ini dapat dengan lancar saat digunakan untuk bermain game.

mi a2 lite

Game Review MI A2 Lite

Ini adalah game review yang saya kutip dari Komunitas MI. Saat pertama memainkan PUBG Mobile, settingan yang direkomendasikan adalah low. Dan untuk konfirgurasi secara manualnya hanya bisa memperoleh grafik balance dengan frame rate medium.

mi a2 lite

Satu hal yang cukup mengganggu dalam permainan adalah adanya notch yang menutupi tombol undang teman. Sehingga HP harus diputar dengan notch berada disebelah kanan agar tombol tidak tertutupi.

Notch juga menutupi tombol tembak yang ada disebelah kiri sehingga sedikit menyulitkan kita saat ingin menembak. Ini mungkin disebabkan karena game yang belum diupdate oleh developernya, karena saya tidak pernah menemukan masalah semacam ini di game lain.

mi a2 lite

Untuk experience saat bermain juga cukup memuaskan alias playable, bisa dibilang lancar dengan settingan grafis rendah, dan atur maksimal pada frame rate.

mi a2 lite

Kesimpulan dari game review ini, MI A2 Lite bisa memainkan game berat dengan lancar apabila settingan grafis in game diatur pada mode low. Dan tentu saja hasilnya pun tidak akan semulus hp android ram 6gb.

Hasil Kamera MI A2 Lite

Berikut ini kami sertakan hasil uji kualitas kamera MI A2 Lite yang dilakukan oleh GSMArena. Ada beberapa hasil foto dengan mode serta pencahayaan yang berbeda, seperti apa hasilnya?.

√ MI A2 Lite kamera mode normal siang hari

Untuk hasil kamera disiang hari cukup bagus, tajam dan detail, noise juga cukup rendah mengingat kamera menggunakan aperture f/2.2 serta kontrasnya pun lumayan.

Warna yang dihasilkan juga natural, namun ada juga beberapa hasil tangkapan kamera yang menghasilkan gambar dengan saturasi yang kurang atau kadang bisa berlebihan.

mi a2 lite

Ini adalah hasil jepretan kamera MI A2 Lite dengan mode normal.

√ MI A2 Lite kamera mode HDR siang hari

Sedangkan dalam mode HDR dengn pencahayaan cukup, menghasilkan kualitas gambar yang agak terkesan dipaksakan, namun juga masih terlihat cukup bagus dipandang.

mi a2 lite

√ MI A2 Lite kamera mode normal malam hari

Jangan terlalu berharap banyak pada kualitas kamera ponsel ini saat digunakan untuk mengambil gambar dimalam hari, akan terlihat begitu banyak noise.

Mungkin jika dilihat secara sekilas, terlihat cukup baik, namun saat dizoom, akan terlihat begitu banyak objek yang nampak buram, mungkin hal ini disebabkan karena kurangnya stabilisasi fitur kamera, atau bisa juga karena tangan goyang saat memfoto.

mi a2 lite

√ MI A2 Lite kamera selfie mode normal & portrait

Dan untuk kamera depannya sendiri menghasilkan kualitas yang sangat mengesankan, dengan fitur AI ditambah resolusi kamera 5 MP dengan lensa f/2.0 membuat gambar terlihat natural dan tajam.

Bahkan orang dalam gambar pun dapat dipetakan dengan cukup sempurna, terlihat pada mode portrait jika latar pada foto terlihat buram dan rapi, sedangkan orang dalam foto terlihat jelas dan tajam.

mi a2 litemi a2 lite

Kesimpulan

Dari hasil review diatas, semoga bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih ponsel. Sesuaikan dengan kebutuhan utama keseharian kita.

Jika kamu hobi bermain game, MI A2 Lite bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hp harga 1 jutaan karena mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 625.

Lain hal jika penggunaan hp difokuskan utama sebagai fotografi, mungkin kamu bisa pertimbangkan pilihan lain untuk hp 1 jutaan seperti Realme C3 atau Vivo Y12. Dan tidak bisa disimpulkan bahwa kamera MI A2 Lite ini jelek, namun hanya kurang maksimal dalam kondisi tertentu saja, seperti low light dan kondisi di malam hari.